Mengenal Berbagai Unsur Dari Seni Musik

0 Comments
Mengenal Berbagai Unsur Dari Seni Musik

Mengenal Berbagai Unsur Dari Seni Musik. Musik termasuk salah satu unsur seni yang paling universal yang dapat di nikmati oleh siapa saja. Siapa sih yang saat ini tidak menyukai musik? padahal untuk semua kegiatan keseharian kita tanpa di sadari terkadang di iringi oleh seni musik. Sejarah seni musik pada awalnya di kenal di dalam Bahasa Yunani yaitu Musikos. Musikos merupakan salah satu nama dari seorang dewa yang artinya melambangkan seseorang dengan karunia berkat keindahan serta pandai dalam bidang seni dan keilmuan.

Musik di artikan dalam kamu besar Bahasa Indonesia (KBBI) adalah suatu ilmu seni menyusun nada atau suara dalam urutan, kombinasi dan hubungan temporal. Dengan tujuan untuk menghasilkan komposisi (suara) yang memiliki kesatuan dan kesinambungan. Salah satu unsur utama dalam seni musik adalah kerangka yang mengkombinasikan beberapa hal sehingga menjadi suatu seni. Hal tersebut dapat di katakan juga sebagai unsur – unsur seni musik.

Mengenal Berbagai Unsur Dari Seni Musik
Mengenal Berbagai Unsur Dari Seni Musik

Pada kesempatan kali ini Kamu akan mengetahui berbagai unsur – unsur seni musik. Sehingga Kamu akan sedikit mengenal lebih banyak tentang seni musik. Seni Musik merupakan salah satu kebanggaan yang di miliki Tanah Air Indonesia. Dengan berbagai ciri khas masing – masing di setiap daerahnya. Berikut ini pembahasan mengenai unsur – unsur seni musik.

Unsur – Unsur Seni Musik Lengkap Dengan Penjelasannya

Unsur Seni Musik yang pertama yaitu Melodi. Melodi artinya tingkatan tinggi atau rendah, panjang maupun pendek dari nada yang di hasilkan musik. dalam musik melodi akan terdengar seperti nada yang seolah – olah tergerak menuju puncak hingga kembali merendah. Melodi terbagi menjadi pitch, durasi dan tone. Pitch artinya timbre atau warna suara yang merupakan suatu hal yang mengatur serangkaian not.

Melodi merupakan salah satu unsur penting yang harus di pelajari di dalam seni musik. Dengan kata lainnya melodi merupakan suatu bentuk penuh dari beberapa nada yang ingin di sampaikan kepada pendengar musik. Melodi yang terbaik adalah Melodi dengan interval yang dapat terjaungkau oleh musik maupun suara dari penyanyi. Sehingga tidak perlu untuk terlalu tinggi dan terlalu rendah.

Birama juga termasuk salah satu unsur penting di dalam seni Musik. Birama merupakan ketukan atau ayunan yang berulang – ulang, datang secara teratur dalam waktu yang sama. Birama biasanya di tulis dalam angka pecahan misalnya 2/3, 2/4 dan seterusnya. Angka tersebut merupakan Penyebut yang menunjukkan nilai nada dalam setiap ketukan. Birama dengan penyebut genap di sebut dengan birama bainar, dan birama yang ganjil di sebut dengan birama ternair.

Tempo merupakan ukuran kecepatan dari birama suatu lagu. Semakin cepat lagu yang di mainkan maka besar nilai dari suatu tempo juga akan semakin besar. Tempo merupakan salah satu unsur pokok di dalam seni musik. Jika tempo tidak tepat bisa saja mempengaruhi penyanyi sehingga bernyanyi lebih cepat dari iringan musik. sedangkan untuk ukuran tempo biasa di sebut dengan beat. Beat yang akan menunjukkan berapa banyak ketukan di dalam setiap menitnya.

Unsur dari seni musik yang lainnya yaitu Irama (Ritme) yang merupakan serangkaian gerak yang beraturan sehingga menjadi unsur dari musik. ritme merupakan bentuk dari pengurangan bunyi, panjang pendek kata dalam sebuah lagu. Secara sederhana ritme artinya adalah penentu ketukan dalam sebuah lagu. Ada juga unsur seni musik yaitu Tangga Nada yang merupakan urutan dari suatu nada sehingga membentuk suatu susunan tangga. Tangga nada pastinya memiliki satu nada dasar yang akan di ikuti oleh nada – nada yang lain. Bisa jadi lebih rendah atau lebih tinggi dengan pola interval tertentu.

Kemudian Harmoni yang merupakan keselarasan dari paduan bunyi. Harmoni di sini meliputi susunan, peranan, dan hubungan dari paduan bunyi dalam bentuk keseluruhan. Hermoni terdiri dari elemen interval dan ekor. Di mana interval merupakan susunan tiga nada apabila di bunyikan secara bersamaan yang kemudian akan terdengar dengan harmonis. Sedangkan ekor merupakan penggiring dari suatu melodi. Keharmonisan yang timbul juga di karena peran dari elemen ekor tersebut.

Kemudian Dinamika yang merupakan unsur dari seni musik yang paling kuat menunjukkan emosi atau suatu perasaan yang terkandung. Hal ini di artikan sebagai tanda untuk memainkan nada dengan volume nyaring atau lembut. Dinamika inilah yang akan menunjukkan nuansa yang terkandung di dalam seni musik. sehingga menghasilkan nuansa sedih, gembira datar dll.

Unsur Seni Musik yang terakhir yaitu Timbre. Timbre di sini merupakan kualitas atau warna dari suatu bunyi dan cara bergetar. Timbre akan bergantung dari bunyi di setiap instrumen musik. Misalkan Timbre yang di hasilkan oleh seruling tidak akan sama dengan yang di hasilkan oleh gitar. Meskipun dari keduanya di mainkan dengan nada yang sama secara bersamaan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *